Revolusi Oranye IPB dukung konsumsi buah lokal

institut pertanian bogor dalam masa dekat hendak meluncurkan buku "revolusi oranye" yang berisi pemikiran dan gagasan selama memperbaiki konsumsi buah lokal indonesia.

"buku ini berisikan objek wisata, analisi situasi, konsep dan desain, strategi pembangunan, rencana pengembangan, faedah juga dampak revolusi oranye dari sebuah usulan program nasional pengembangan buah nusantara skala industri," kata ir jumadi s witopawiro, ms salah Satu tim inisiato revolusi oranye ipb pada bogor, jumat.

jumadi menyebutkan revolusi oranye digagas dari hasil pertemuan juga diskusi kelompok kecil dan terdiri dari dosen juga peneliti buah ipb, alumni juga mahasiswa ipb.

ketidakmampuan buah nusantara murah pada pasar domestik serta internasional adalah landasan diterbitkannya revolus oranye.

di pada buku tersebut membahas beberapa isu dan permasalahan utama dan telah diidentifikasi dan didiskusikan diantarannya, pasokan buah nusantara ke pasar ditenggarai kurang berkualitas, kurang berlanjut serta kurang konsisten.

isu yang lain, proses produksi buah nusantara ditengarai produktivitasnya rendah juga produk buah dan dihasilkan kurang berkualitas.

"jalur tata niaga buah nusantara dan kurang efektif serta efisien sebab infrastruktur perbuahan, terutama infrastruktur pengolahan dan pemasaran kurang tersedia dan kurang efisien," katanya di pemaparannya.