SDN 05 Cilaku, Bogor, yang merana

gedung sekolah dasar negeri (sdn) 05 cilaku dalam kecamatan tenjo, kabupaten bogor, jawa barat, yang dibangun tahun 1985 kini merana, kusam serta usang termakan usia.

atap kedua gedung sekolah yang terdiri atas enam ruang kelas serta Satu ruang guru tersebut bocor pada beberapa bagian, kosen-kosennya keropos, jendelanya bolong dan lantainya berlumpur saat hujan

kursi dan meja kayu belajar gaya berlarut pada ruang-ruang kelas bagi sekitar 210 siswa sekolah itu tidak dulu mulus, ada berlupang juga keropos dimakan rayap.

sdn 05 cilaku ini berdiri tahun 1985, sejak berdiri bangunan dan kedua ini belum sudah direnovasi, jika bangunan yang pertama sudah sudah namun sudah sangat berlalu, kata kepala sekolah sdn 05 cilaku, ruiyat.

Informasi Lainnya:

ruiyat menyampaikan, sehari-hari siswa mempelajari di ruangan yang kondisinya tidak dapat disebut baik itu.

ya kalau hujan airnya ngucur ke kelas, katanya mengenai atap Satu kelas dan berlubang.

sisa rembesan air hujan dalam selasa baru terlihat pada lantai ruang kelas, persis di bawah atap dan bocor.

agar tak terjadi genangan tak memenuhi ruangan, pengurus sekolah membeli celah kecil semisal lobang tikus di dinding kelas dijadikan jalur keluar air.

selain itu pintu juga jendela ruang kelas empat, lima serta enam serta sudah ada keropos karena rayap. beberapa jendelanya tak berkaca dulu. pilihan bilah bambu dibuat agar menutup jendela yang terbuka.

biar tidak ada yang masuk ke kelas di tutup seadanya, tutur ruiyat.

pintu dengan dua daun yang dibuat dari bahan triplek di ruang kelas empat juga lima berlubang dalam pilihan bagian. pintu kedua ruang itu hanya bisa dikunci daripada dalam oleh karenanya hanya dapat dibuka dari ruang kelas enam dengan mengangkatnya, karena engsel pintu telah tidak berfungsi.

lubang pada pintu ruang kelas tiga lebih besar, sehingga pintu hanya bisa dikunci dengan mengikatnya mencari tali.

kandang bebek yang sebulan kemarin dibangun penduduk gampat ditempuh sekolah mencari anak-anak mesti mempelajari dengan bau tidak sedap kotoran bebek dan terbawa angin.

disebelah tersebut kadang bebek peking, banyak masyarakat dan beternak bebek telah Satu bulan ini, ujarnya dulmaji, penjaga sekolah yang telah berusaha dari 2005.

menurut ruiyat, sekolah sudah berusaha meningkatkan kerusakan bangunan sekolah membeli dana uang operasional sekolah (bos) namun dana yang tersedia tidak lumayan untuk memperbaiki semua kerusakan.

perbaikan cuma dilaksanakan sebisanya, antara lain dengan menambal atap dan bocor.

untuk memperbaiki ini perlu dana yang sulit. dana bos tidak lumayan memperbaikinya, ujarnya.

sekolah, lanjut ruiyat, dan telah melaporkan kondisi sekolah ke pemerintah kabupaten bogor melalui dinas studi setempat.

informasinya perbaikan sekolah mau dilaksanakan dalam tahun ini dengan dana dak, ujarnya.

menurut sekretaris kepala dinas pendidikan kabupaten bogor, gada sembada, bangunan sdn 05 cilaku mau segera diperbaiki menggunakan dana alokasi khusus (dak) pemerintah.

sdn 05 cilaku terdaftar dalam penerima dana dak yang ingin direhabilitasi tahun ini, ujarnya.