BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menyatakan bahwa ratusan properti dalam kabupaten wonosobo juga kabupaten demak pada provinsi jawa sedang rusak setelah diterjang angin puting beliung.

puting beliung yang kemudian disertai hujan deras menerjang wilayah pada kabupaten wonosobo juga kabupaten demak, provinsi jawa tengah pada selasa (9/4). catatan sementara menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan, tutur kepala pusat data info serta humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

dia mengajarkan, dalam kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan juga desa banyumudal yang terletak di kecamatan sapuran dalam selasa, jam 13.30 wib.

data akan tetapi mencatat sekitar 300 properti pada keadaan rusak tengah sampai rusak berat, katanya.

sejauh ini, tutur dia, upaya penanganan baru terkendala oleh listrik yang padam serta kondisi di lapangan yang terletak pada daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan kiranya Salah satu desa terisolir akibat jalan menuju tujuan desa tersebut lumayan berat.

selain itu, berdasarkan dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) di kabupaten wonosobo dan menyulitkan koordinasi diantara pemerintah daerah setempat, tim sar, dan relawan di penanganan bencana.

namun, pendataan terhadap kerusakan dan kerugian hingga saat ini baru terus dilakukan, kata sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung yang terjadi pada kabupaten demak menerjang desa pilangrejo pada kecamatan wonosalam dalam jam 15.20 wib.

sekitar 20 properti mengalami kerusakan. bpbd demak masih terus menggarap pendataan kerusakan serta kerugian, katanya.

sutopo dan menyampaikan bencana lain yang terjadi pada jawa tengah selama selasa (9/4), yaitu dalam kabupaten kendal pada pukul 13.00 wib.

bencana pada kendal itu tanah longsor selama pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik itu dalam desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. resikonya dua orang meninggal dunia serta enam pihak luka-luka, katanya.

semua korban itu, papar sutopo, telah dievakuasi ke rumah sakit permata medika dalam ngaliyan, semarang.