Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji menyerahkan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah terhadap warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan dan instansi pemerintah lainnya pada makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat itu diselenggarakan secara simbolik oleh kepala bpn pada 46 penerima di halaman rumah jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan sejak januari 2013 hingga kini. ini adalah hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah selama sulawesi selatan, kata hendarman.

dia menunjukan supaya berbagai wilayah indonesia terkandung sekitar 85 juta jenis tanah dan perlu disertifatkan. hingga ketika baru 45 juta jenis yang sudah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh karena tersebut, jajaran bpn ri agar bekerja lebih segeralah agar menyerahkan pelayanan sertifikat tanah dan lebih bagus kepada masyarakat.

hendarman menekankan supaya semua jajaran dalam berusaha taat kepadan agama serta taat pada azas supaya penduduk mendapat pelayanan pasling baik.

pada kesempatan tersebut, hendarman tinggal mengingatkan dua tugas yang diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya pada memimpin bpn. presiden memberi aku dua tugas yaitu mengurangi sengketa dan mesti disadari terhadap orang kecil, katanya.

untuk tersebut, bpn hendak selalu menggalakkan program-program pro-rakyat yang di ini telah berjalan. program-program tersebut keduanya sertipikat prona tidak mengeluarkan biasa, web jemput bola layanan sertifikat tanah supaya rakyat (larasita) juga website one day service.

mantan jaksa agung ri itu serta menekankan terserah prinsip dasar bahwa tanah adalah sumber kesejahteraan dan kemakmuran kepada rakyat, oleh karenanya tanah mesti dihindarkan dari spekulasi.

sejalan dengan penggalakan website pro-rakyat tersebut, bpn dan hendak mempertimbangkan hak untuk usaha (hgu) bagi perusahaan serta holding perusahaan yang telah mempunyai hgu lumayan luas. aku juga ingin membayar agar pemegang hgu membangun konsep plasma juga inti supaya berguna kepada warga, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyampaikan 17.680 sertipikat yang dibagikan itu keduanya terdiri daripada prona 11.282 bidang, redistribusi tanah agar rakyat miskin 2942 jenis, usaha kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, penduduk berpenghasilan rendah (mbr) 75 bidang, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 jenis, wakaf 73 bidang dan sisanya 803 supaya pertanian.

elfachri juga mengakui sengketa tanah cukup banyak selama wilayah kerjanya. kami telah menyelesaikan 220 sengketa lewat mediasi serta gelar perkara, ujarnya.

sementara tersebut, gubernur sulsel syahrul yasin limpo mengatakan pihaknya siap berusaha sama dengan bpn supaya melancarkan proses sertipikasi tanah terhadap warga. bentuk kerja sama itu salah satunya lewat penandatangan mou diantara gubernur sulsel dengan kakanwil bpn sulsel yang disaksikan kepala bpn ri.