Satu rumah gadang ludes terbakar di Tanah Datar

satu rumah gadang (rumah adat minangkabau) pada nagari tanjung barulak, kecamatan tanjung emas, tanahdatar, sumatera barat, ludes terbakar, kamis (18/4) malam.

pantauan antara, jumat, menunjukkan kebakaran itu tidak menyisakan bangunan yang telah berumur hampir Salah satu abad milik kaum mandahiling cikupa, jorong pintu rayo, nagari tanjung barulak.

dalam peristiwa naas tersebut, tak banyak korban jiwa, sebab penghuni rumah yohannes bakri gindo sati (66) beserta anaknya farida (48) dan empat anggota keluarga lainnya bersegeralah keluar properti melalui dibantu penduduk kurang lebih.

pemilik rumah diperkirakan menderita kerugian ratusan juta rupiah, karena properti gadang ini memiliki sejarah tersendiri juga sederat surat-surat berharga lainnya tidak mampu diselamatkan.

Informasi Lainnya:

kepala satuan pemadam kebakaran tanahdatar nusyirwan menyatakan Salah satu unit kendaraan pemadam kebakaran diturunkan serta di waktu singkat api berhasil dijinakan.

penyebab kebakaran baru pada penyelidikan polsek tanjung emas, tapi dugaan tetapi berasal dari arus pendek listrik.

sebanyak 15 personel pemadam kebakaran serta sar kita kerahkan agar memadamkan api. kita bersyukur api langsung mampu dipadamkan dan tidak merembet ke rumah sekitarnya, katanya.

sementara itu, kepala badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) tanahdatar, altri suwandi mengimbau supaya warga lebih berhati-hati dan waspada kepada listrik, kompor, obat nyamuk bakar dan yang lain yang bisa mempunyai bencana kebakaran.

dia serta mengharapkan penduduk dan berada pada sekitar objek wisata kebakaran mampu menyerahkan kemudahan akses jalan terhadap kendaraan pemadam kebakaran menuju lokasi sehingga proses pemadaman lebih segeralah dan memangkas kerugian menarik jiwa, harta maupun benda.