Jalur Ngawi-Solo macet akibat antre solar

sejumlah titik selama jalur jalan raya ngawi-solo, kabupaten ngawi, jawa timur, mengalami macetnya akibat tertutup kendaraan dan tengah mengantre solar bersubsidi pada stasiun pengisian bahan bakar publik (spbu) setempat pada juma sore.

kemacetan didominasi oleh mobil besar semisal bus juga truk dan mengular hingga mencapai lima kilometer lebih. para petani dengan membawa jerigennya juga mobil pribadi yang berbahan bakar solar juga ikut mengantre.

petugas spbu selama jalan raya ngawi-solo, desa sidowayah, kedunggalar, ngawi, agus, jumat petang menungkapkan, bbm bersubsidi bidang solar sulit diharapkan sejak sepekan terakhir.

pasokan solar daripada pertamina telah dibatasi. biasanya mampu dikirim 16 kilo liter semua kali do, kini hanya tinggal setengahnya. resikonya solar besar dicari juga dalam ngantre, katanya pada wartawan.

Informasi Lainnya:

guna mengurai macetnya dalam jalur antarprovinsi tersebut, petugas satuan kemarin lintas polres ngawi terpaksa memberlakukan sistem kunjungi serta tutup jalan.

polisi juga menawarkan sejumlah jalur solusi bagi mobil pribadi dari arah solo yang ingin menuju madiun juga magetan supaya memangkas kemancetan.

kemacetan terjadi karena adanya antrean mobil solar selama spbu yang masih saja menerima pasokan daripada pertamina. macet telah terjadi dari pagi, beruntung kini sudah bisa diatasi melalui sistem kunjungi tutup serta tutup jalan serta jalur pilihan, ujar kepala satuan 2012 lintas polres ngawi, akp gatut wibowo.

hal serupa serta terjadi pada sederat spbu selama kabupaten madiun. antrean sampai mengakibatkan kemacetan kemarin lintas terjadi pada spbu sangen, geger, yang terdapat pada jalan raya madiun-ponorogo serta spbu klitik, wonoasri, dan berada pada jalan raya madiun-surabaya.

kapolres madiun akbp yusuf, menyatakan, pihaknya sudah menugaskan anggotanya untuk memenage arus 2012 lintas agar antrean kendaraan pada spbu tersebut tak membuat macet.

kami juga menempatkan sejumlah personel agar mengamankan spbu untuk mencegah keributan yang bisa saja terjadi ketika antre solar. masing-masing spbu dan rawan akan dijaga tiga sampai empat personel, kata akbp yusuf.

menurut dia, penjagaan akan dilakukan hingga batas waktu dan belum ditetapkan. tergantung dari situasi pada lapangan serta kebijakan pemerintah pusat terkait pendistribusian bbm bersubsidi itu.

seperti dikenal, kuota solar bersubsidi tahun ini dipastikan berkurang dari tahun sebelumnya akibat menyesuaikan kuota bbm subsidi yang telah ditentukan di apbn 2013. supaya wilayah jawa timur, kuota solar bersubsidi tahun 2013 cuma sebesar 1,91 juta kilo liter (kl). kasus tersebut lebih rendah daripada realisasi tahun lalu sebesar 2,08 juta kl.

demikian dan, pas penugasan pemerintah, kuota solar bersubsidi yang merupakan tanggung jawab pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan dengan realisasi penyaluran tahun lalu. secara nasional, kuota solar bersubsidi tahun kemarin sebesar 15,56 juta kl, turun adalah 14,28 juta kl dalam 2013 ini.